Surabaya – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) terus mengembangkan potensi program dan pendidikan akademiknya melalui kerjasama internasional antar Universitas dengan melakukan kunjungan ke Tohoku University di Jepang. Kunjungan ini bertujuan untuk membahas prospek kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua universitas, serta mengembangkan program kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian.

Tohoku University adalah salah satu universitas terkemuka di Jepang yang memiliki reputasi yang kuat dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu kedokteran. Kerjasama antara FKG UNAIR dan Tohoku University diharapkan dapat memperluas kesempatan pendidikan dan penelitian bagi mahasiswa dan dosen kedua universitas, serta memperkaya pengalaman akademik mereka.

Selama kunjungan ini, delegasi FKG UNAIR yang dipimpin oleh Wakil Dekan III, Andra Rizqiawan, drg., Ph.D., Sp.BM, bertemu dengan perwakilan Tohoku University untuk membahas potensi kerjasama yang dapat dilakukan. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak menyampaikan minat dan kesediaan mereka untuk mengembangkan kerjasama di bidang pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, kolaborasi penelitian, dan kegiatan akademik lainnya.

Potensi kerjasama antara FKG UNAIR dan Tohoku University mencakup pertukaran mahasiswa, di mana mahasiswa dapat mengikuti program pertukaran dan menghadiri kuliah di Tohoku University, serta memperoleh pengalaman belajar di lingkungan akademik yang berbeda. Selain itu, kolaborasi penelitian, dan pertukaran dosen juga menjadi fokus dalam kerjasama ini, dengan tujuan untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman dalam ilmu kedokteran gigi.

Melalui kerjasama ini, FKG UNAIR berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian kedokteran gigi, serta memperluas wawasan mahasiswa dan dosen dalam bidang yang relevan. Kerjasama dengan Tohoku University juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan proyek penelitian bersama, publikasi ilmiah, dan pertukaran sumber daya penelitian yang akan berdampak positif dalam perkembangan ilmu kedokteran gigi.

Dalam menjalin kerjasama yang erat antara FKG UNAIR dan Tohoku University, kedua universitas berkomitmen untuk memperkuat jaringan internasional, meningkatkan pertukaran pengetahuan, dan memperluas kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan pengalaman internasional yang berharga.

Kunjungan FKG UNAIR ke Tohoku University merupakan langkah penting dalam memperluas jaringan kerjasama internasional FKG UNAIR dan merupakan potensi dalam kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu kedokteran gigi secara global. Dengan pembahasan kerjasama ini, diharapkan dapat mengembangkan program-program kerjasama yang bermanfaat bagi kedua universitas kedepan.

Dengan semangat kerjasama internasional yang semakin berkembang, FKG UNAIR terus memperluas horison pendidikan dan penelitian mahasiswanya, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan kompetensi global. Kerjasama dengan Tohoku University dan institusi lainnya di luar negeri akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan dalam bidang kedokteran gigi. (MF)

source
https://unair.ac.id/