Surabaya, FKG UNAIR – Jumat (16/08) 2022 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dari Departemen Ortodonsia FKG Unair di SMKN 5 Surabaya. Program tersebut merupakan implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Staff Dosen Departemen Ortodonsia dan Mahasiswa Program Studi Spesialis Ortodonti FKG Unair.

Program pengabdian kepada masyarakat kali ini diselenggarakan untuk memberikan penyuluhan mengenai susunan geligi dan pentingnya terhadap kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, pada penyuluhan ini juga disosialisasikan mengenai pentingnya perawatan ortodonti dalam merawat malokusi. Program ini terselenggara atas kerja sama dari Departemen Ortodonsia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unair dan Sekolah Menengah Kejuruan 5 Surabaya. Target program ini adalah seluruh siswa dan staff di lingkungan SMKN 5 Surabaya. Program pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan pertimbangan bahwa masih tingginya prevalensi maloklusi di masyarakat serta masih ditemukannya praktik perawatan ortodonti di masyarakat yang tidak sesuai kaidah ilmu kedokteran sehingga dapat menyebabkan kondisi maloklusi yang semakin parah.

Kegiatan pengabdian masyarakat dimulai dengan sambutan dari pihak Departemen Ortodonsia yang diwakili oleh Dr. Ervina Restiwulan Winoto, drg., M,Kes., Sp.Ort (K) selaku Kepala Program Studi Spesialis Ortodonti FKG Unair dan sambutan dari pihak SMKN 5 Surabaya yang diwakili oleh Bapak Sofyan Hadi, M.Pd.I selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kemahasiswaan. Dalam sambutannya pihak sekolah menyambut baik kedatangan pihak Departemen Ortodonsia FKG Unair karena diharapkan dapat memberikan pemahaman perawatan ortodonti yang baik seiring dengan tingginya permintaan terhadap perawatan ortodonti terutama pada pasien dewasa muda. Acara penyuluhan dihadiri sekitar 150 siswa dan staf dari SMKN 5 Surabaya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sosialisasi dan tanya jawab yang dilakukan oleh staff dosen Departemen Ortodonsia FKG Unair yaitu Dr. Alexander Patera Nugraha, drg., M.Imun., M.Kes. Sosialisasi yang dilakukan menekankan pentingnya merawat kondisi maloklusi yang sudah ada dengan perawatan ortodonti sehingga diharapkan didapatkan susunan gigi geligi dan oklusi yang ideal. Setelah acara sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman materi penyuluhan dilakukan sesi tanya jawab bagi peserta.

source
https://unair.ac.id/