Surabaya, FKG UNAIR – Sabtu (17/06) Departemen Ortodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG UNAIR) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) di SDN Medowo 3 Dusun Ringin Agung, Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Program tersebut merupakan implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan secara berkala oleh staf dosen departemen ortodonsia,  mahasiswa program studi spesialis ortodonti, mahasiswa program studi sarjana kedokteran gigi, dan tenaga kependidikan departemen ortodonsia FKG UNAIR.

Program ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi kepada siswa dan guru mengenai pentingnya dan bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kegiatan ini dapat terselenggara atas kerja sama dari Departemen Ortodonsia FKG UNAIR dan SDN Medowo 3 yang telah dimulai sejak setahun lalu, dimana kali ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Sekolah SDN Medowo 3 Kediri, Bapak Eko Prasetyo, S.Pd,. Dalam sambutannya, pihak sekolah menyambut dengan antusias kedatangan Departemen Ortodonsia FKG UNAIR dalam pelaksanaan program pengabdian masyarakat kali ini yang ditujukan terutama untuk memberikan informasi mengenai kesehatan gigi dan pencegahan maloklusi sejak dini.

Selain itu, dilaksanakan juga sesi penyuluhan dan tanya jawab bersama Dokter Gigi, drg. Olivia dan drg. Agastya, terkait kesehatan gigi dan mulut yang diikuti bersama guru dan siswa. Kegiatan pemeriksaan kondisi gigi geligi siswa juga menjadi aktifitas penting yang dilaksanakan. Dimana pemeriksaan kondisi gigi ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai prevalensi maloklusi, tipe variasi kepala, dan tingkat kebutuhan perawatan ortodonti siswa SDN Medowo 3 Kediri.

Dengan terselenggaranya acara pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dan guru SDN Medowo 3 Kediri terhadap pentingnya menjaga kesehatan gigi mulut dan pentingnya melakukan perawatan ortodonti sejak dini, ungkap Dr. Ari Triwardhani, drg., M.Sc., Sp. Ort(K), selaku ketua kegiatan program pengabdian masyarakat.

source
https://unair.ac.id/