Surabaya, fkg.unair.ac.id – Dental Research Center (RC) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar seminar dan workshop pemeriksaan immunofluorescence (IF) pada tanggal 30 Agustus 2023. Seminar dan workshop ini bertujuan untuk memperkenalkan layanan RC dan mengenalkan lebih jauh tentang pemeriksaan IF yang dapat dilakukan pada RC yang berlokasi di FKG UNAIR.

Pemeriksaan IF adalah suatu jenis pemeriksaan imunologis untuk mendeteksi adanya antigen atau mencari lokalisasi antigen dalam jaringan atau sel specimen dengan pewarnaan fluorescence. Adanya pewarnaan akan memberikan hasil penelitian yang lebih menarik dibandingkan modalitas pengamatan atau pemeriksaan lainnya.

Dental Research Center UNAIR Gelar Seminar dan Workshop Pemeriksaan Immunofluorescence

Sesi materi pada kegiatan tersebut juga melibatkan cendekiawan dari berbagai instansi yakni Prof. Dr. Retno Puji Rahayu, drg,.M.Kes (FKG Unair), Shafi Fauzi R. S.Si (PT New Module International), dan Andreas Agustian, S.Si., M.Biomed (PT Elo Karsa Utama). Dengan materi masing-masing secara berurutan yakni Immunofluorescence for dentistry, Introduction to microscope fluorescence, serta Cell Painting by IF.

Selain dihadiri oleh mitra perusahaan sebagai narasumber, sebanyak 17 peserta yang berasal dari UNAIR, Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan beberapa institusi lainnya juga turut hadir dalam meramaikan gelaran ini.

Dental Research Center UNAIR Gelar Seminar dan Workshop Pemeriksaan Immunofluorescence

Workshop yang diadakan memberi kesempatan bagi peserta untuk mencoba secara langsung persiapan penelitian hingga pengecatan dan pengamatan dengan menggunakan mikroskop fluorescence.

Ketua RC FKG Tania Saskianti, drg., Ph.D., Sp.KGA(K) menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya RC FKG dalam meningkatkan kualitas pelayanan penelitian di bidang kedokteran gigi.

“RC FKG menawarkan berbagai layanan penelitian yang luas, termasuk pemeriksaan IF. Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkenalkan layanan tersebut kepada para peneliti sehingga mereka dapat memanfaatkannya secara optimal,” ujar drg. Tania.

Ia menambahkan bahwa Dental RC berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan penelitiannya agar dapat menjadi pusat penelitian unggulan di bidang kedokteran gigi.

Dental RC sendiri merupakan pusat pelayanan penelitian yang memiliki serangkaian fasilitas berstandar internasional, yang digagas demi menjawab kebutuhan seluruh stakeholders akan pusat pelayanan penelitian yang valid, akurat, dan terpercaya. RC FKG yang bertempat di Kampus A UNAIR menawarkan pelayanan dengan cakupan yang luas, yakni pada bidang Imunologi, Patologi Anatomi, Biologi Molekuler, Stem Sel, hingga Mikrobiologi. (STF)

Dental Research Center UNAIR Gelar Seminar dan Workshop Pemeriksaan Immunofluorescence

source
https://unair.ac.id/