Surabaya, fkg.unair.ac.id – Departemen Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) telah menyelenggarakan Prosthodontic Summer Camp untuk kali pertama. Program yang dilaksanakan pada 1-6 September 2023 ini merupakan tindak lanjut dari visitasi yang dilakukan oleh Faculty of Dentistry, Universiti Teknologi MARA (UiTM), Malaysia ke FKG UNAIR pada Juli 2023 lalu.

Dalam program ini, sebanyak 11 mahasiswa tahun keempat dari Faculty of Dentistry UiTM berkesempatan secara langsung merasakan perkuliahan, pelatihan klinik, serta pengabdian masyarakat bersama dengan departemen Prostodonsia FKG UNAIR. Assoc. Prof. Dr. Mas Suryalis Ahmad dari UiTM juga hadir sebagai dosen pembimbing.

Dalam sesi pelatihan klinis, para peserta berkesempatan untuk mempraktikkan keterampilan mereka dalam membuat anterior jig. Mereka juga mengikuti program pengabdian masyarakat dengan memberikan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di SD Muhammadiyah 4, serta Panti Werdha Hargo Dedali.

Tak hanya sekedar bertukar ilmu dan pengalaman, peserta juga bertukar kebudayaan melalui Cultural Night. Program ini merupakan program pertama di FKG Unair. Dalam sesi ini, baik peserta maupun mahasiswa Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Prostodonsia, menampilkan pameran budaya dari negara masing-masing. Para peserta dan mahasiswa FKG Unair sangat antusias dengan acara ini.

Pada sesi penutupan, peserta Prosthodontic Summer Camp mengungkapkan rasa terimakasih atas sambutan dan pelayanan yang sangat hangat dan baik. Melalui program ini, mereka dapat merasakan perkuliahan di salah satu FKG terbaik di Indonesia, bertukar ilmu, serta merasakan momen-momen mengesankan.

Ratri Maya Sitalaksmi, drg., M.Kes., PhD., Sp.Pros(K), selaku Koordinator Program Studi Spesialis Prostodonsia FKG UNAIR sekaligus koordinator kegiatan ini, berharap program ini dapat bermanfaat bagi kedua universitas.

“Kami berharap program ini dapat menjadi awal dari kerjasama yang lebih erat antara FKG UNAIR dan UiTM. Di samping itu, rangkaian program yang telah dilakukan diharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di kedua universitas,” ujar drg Ratri.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung selama Prosthodontic Summer Camp merupakan sebuah kolaborasi nyata yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi peserta, serta meningkatkan kolaborasi, kualitas pendidikan, dan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di kedua universitas. STF

source
https://unair.ac.id/