Surabaya, fkg.unair.ac.id – Departemen Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar bakti sosial (baksos) di SD Muhammadiyah 4 Surabaya, pada Sabtu (2 September 2023). Pada kegiatan ini, sebanyak 47 siswa SD diajak menjadi dokter gigi cilik yang mempelajari berbagai hal terkait pentingnya menjaga kesehatan gigi.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, baksos kali ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) dan staf dari departemen Prostodonsia. Kegiatan ini juga diikuti oleh para peserta Prosthodontic Summer Camp, yakni mahasiswa dari Faculty of Dentistry, Universiti Teknologi MARA (UiTM), Malaysia.

Dalam kegiatan ini, para peserta Prosthodontic Summer Camp menggunakan berbagai alat peraga yang dibuat sendiri dan dibawa dari Malaysia untuk menarik perhatian peserta. Mereka juga menjelaskan dengan cara yang mudah dimengerti oleh peserta. “Meskipun terdapat perbedaan bahasa, namun respons anak-anak yang sangat komunikatif membuktikan bahwa kendala sudah teratasi dengan baik,” sebut Nadia Kartikasari drg M.Kes PhD selaku koordinator Prosthodontic Summer Camp.

Para mahasiswa dari Malaysia juga terkesan dengan antusias dan semangat anak-anak saat belajar. Mereka berharap dapat kembali berpartisipasi dalam kegiatan baksos ini di tahun-tahun mendatang.

Wakil Dekan 3 FKG UNAIR,  Dini Setyowati, drg., MPH. PhD. yang hadir secara langsung, juga mengapresiasi adanya bakti sosial yang melibatkan mahasiswa peserta Prosthodontic Summer Camp.

Koordinator program studi Spesialis Prostodonsia, Ratri Maya Sitalaksmi, drg., M.Kes., PhD., Sp.Pros(K), berharap agar kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ia juga berharap agar anak-anak dapat menjadi agen perubahan dalam mengajak dan mengajarkan teman-temannya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Bakti sosial ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Departemen Prostodonsia FKG UNAIR. Dengan keikutsertaan mahasiswa UiTM pada baksos kali ini, diharapkan dapat semakin memperluas pengalaman baik bagi mahasiswa UiTM, mahasiswa PPDGS UNAIR, serta peserta baksos. STF

source
https://unair.ac.id/