Surabaya, fkg.unair.ac.idStovit Online/Offline Series (SOS) telah sukses menyelesaikan seri terakhirnya pada tahun ajaran 2022/2023 lalu. Dari total 12 seri SOS yang dilangsungkan, 10 diantaranya merupakan SOS Online, 1 SOS Hybrid, dan 1 SOS Offline.

Sebagai informasi, SOS merupakan ajang sharing keilmuan kedokteran gigi yang digelar oleh Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG UNAIR). SOS pertama kali hadir pada tahun 2021, sebagai ajang pertukaran dan pendalaman ilmu, meski dengan keterbatasan situasi pandemi Covid-19.

Dikarenakan tingginya antusiasme sekaligus berakhirnya pandemi, akhirnya pada tahun ajaran 2022/2023, SOS menambahkan sesi luring untuk pertama kalinya. Pada tahun ini, SOS telah dilaksanakan dengan melibatkan 6 departemen dari FKG UNAIR.

Tingginya animo peserta baik pada SOS online maupun offline, serta mengingat dampaknya yang sangat baik pada keilmuan mahasiswa, membuat kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Hal ini pula yang menyebabkan SOS juga dipastikan akan digelar pada tahun ajaran berikutnya, yakni tahun 2023/2024.

Jika tak ada aral melintang, SOS selanjutnya ditargetkan akan melibatkan 10 departemen dari FKG UNAIR, dengan lebih banyak pembicara dari luar negeri. SOS pertama pada tahun ajaran 2023/2024 telah dilaksanakan pertama kalinya pada Kamis, 14 September 2023.

Koordinator rangkaian kegiatan SOS sekaligus dosen departemen Prostodonsia FKG UNAIR, Nadia Kartikasari, drg., M.Kes., Ph.D berharap kegiatan ini dapat terus berkembang dan bermanfaat. “Tahun ini, SOS berinovasi untuk mendatangkan pembicara dari luar negeri secara luring. Semoga di tahun-tahun berikutnya bisa semakin berkembang sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa kedokteran gigi,” sebutnya.

Selain ilmu dan pembaruan terkini di bidang kedokteran gigi, keterlibatan banyak pihak dari dalam dan luar negeri menjadikan SOS sebagai salah satu langkah strategis dalam meningkatkan eksposur dan kebermanfaatan FKG UNAIR secara global. SOS selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-4 yaitu Pendidikan yang Berkualitas.

Drg Nadia berharap, departemen FKG UNAIR yang belum berkesempatan untuk ikut serta dalam SOS tahun ini dapat melibatkan diri pada SOS 2023/2024. Selanjutnya, SOS diharap dapat terus meningkatkan animo dan jumlah peserta, sehingga dapat meningkatkan kebermanfaatan di bidang keilmuan kedokteran gigi. STF

source
https://unair.ac.id/