Sendai, fkg.unair – Dua mahasiswa spesialis prostodonsia dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG UNAIR), drg. Mohd. Dwira Wardhani, DDS., dan drg. Muhammad Genadi Askandar, DDS., berhasil mempresentasikan kasus di hadapan staf dari bagian prosthodontic di Tohoku University, Jepang.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Prosthodontic Specialist Training Program, yang diselenggarakan oleh FKG UNAIR dan Tohoku University. Rangkaian kegiatan ini diikuti oleh total 11 staf dan 6 residen prostodonsia dari FKG UNAIR.

Kedua residen membawakan kasus “Telescopic Overdenture”secara apik dan informatif. Mereka menjelaskan secara detail mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi perawatan.

Audiens yang terdiri dari rombongan departemen Prostodonsia FKG UNAIR, serta bagian Prosthodontic Tohoku University terlihat sangat antusias dalam mengikuti sharing case yang dilakukan. Mereka mengajukan berbagai pertanyaan untuk menggali lebih dalam pemahaman mengenai kasus tersebut. “Kami merasa terhormat bisa bertukar pengetahuan dan pengalaman kami melalui presentasi ini,” ujar drg. Dwira.

Presentasi ini tidak hanya menunjukan kemampuan dari para residen, namun juga menjadi wadah untuk saling belajar dari sudut pandang yang berbeda dalam merawat kasus. Sebagai informasi, Tohoku University merupakan universitas yang dikenal sebagai universitas yang memiliki ranking yang baik. Bahkan Tohoku University Hospital menjadi rumah sakit rujukan bagi prefektur Miyagi di Tokyo.

Kegiatan ini merupakan kesempatan yang berharga bagi mahasiswa spesialis prostodonsia FKG UNAIR untuk belajar dan berbagi pengetahuan dengan para ahli dari Tohoku University. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antara FKG UNAIR dan Tohoku University.

Pertukaran pengetahuan yang dilakukan antara kedua universitas diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang prostodonsia. Program kolaborasi yang dilakukan, diharap dapat memperkuat posisi FKG UNAIR di kancah internasional. STF

source
https://unair.ac.id/