Surabaya, fkg.unair Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG UNAIR) telah berhasil menyelenggarakan rangkaian kegiatan 7th Joint Scientific Meeting in Dentistry (JSMID 7th) bertema “Interdisciplinary Approaches for Sustainable Oral Healthcare”.

 Bekerja sama dengan Hiroshima dan Manchester University, kegiatan ini dilakukan secara luring pada 3-4 November 2023. Selain itu, juga diadakan kegiatan pre-conference daring pada tanggal 2 November 2023. Spesialnya, JSMID 7th ini juga dilaksanakan berbarengan dengan penyelenggaraan pertama bagi kegiatan Collaborative Meeting in Implant Dentistry (COMID).

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010, JSMID selalu membawa semangat yang sama yakni sebagai ajang untuk meningkatkan keterlibatan dan memperkuat kolaborasi penelitian antar negara. “Khusus di tahun 2023 ini, kami berharap acara internasional ini dapat menjadi momentum untuk membangun semangat kebangkitan dan mengejar ketertinggalan pasca pandemi yang telah melanda dunia,” sebut Drg. Irma Josefina Savitri, Sp.Perio(K)., Ph.D selaku ketua panitia JSMID 7th.

Para peserta yang merupakan dokter gigi dari berbagai negara disambut hangat di lokasi pelaksanaan, yaitu di Bumi Surabaya City Resort. Demi memberikan peserta pengalaman terbaik, maka panitia mendatangkan langsung para ahli di bidangnya.

Tak tanggung-tanggung, terdapat sebanyak 10 pembicara dari 8 negara yang dilibatkan dalam pemberian materi, serta hands-on. Di tahun ini, juga terdapat kompetisi E-Poster, dan 5-minutes presentation bagi para mahasiswa. “Tahun ini kami secara khusus mengadakan 5 Minutes Presentation yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk melatih mahasiswa agar berani mempresentasikan proyek penelitian terbaiknya,” jelas drg. Irma.

Berlangsungnya kegiatan JSMID 7th serta COMID 1st ini diharap dapat semakin memperkuat posisi FKG UNAIR sebagai institusi kedokteran gigi terkemuka di Indonesia, yang mampu memimpin penelitian lanjutan secara global di bidang kedokteran gigi dan kedokteran gigi klinis. STF

source
https://unair.ac.id/