Batu, fkg.unair – Scientific Fun Research (SFR) kembali hadir sebagai acara tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR). Tahun ini, SFR 2023 diselenggarakan pada Minggu, 19 November 2023 di Kusuma Agrowisata Batu, Malang.

Mengusung tema “Fun Talk with SFR: Out of The Circle to Enlarge Your Knowledge about PICOT”, kegiatan ini secara khusus mengundang Beta Novia Rizky, drg., M.Si., dosen FKG UNAIR sebagai pembicara. Tema ini dipilih untuk meningkatkan pemahaman peserta, yaitu mahasiswa FKG UNAIR, terkait penulisan jurnal menggunakan metode PICOT.

Pada kesempatan itu, drg Beta menyampaikan materi mengenai cara membuat atau menyusun PICOT pada sebuah jurnal dengan baik dan benar. PICOT sendiri merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis bukti ilmiah dalam praktik ilmu kesehatan berbasis bukti. Metode ini membantu untuk memperjelas pertanyaan penelitian dan memudahkan dalam pencarian literatur ilmiah yang relevan.

Peserta SFR 2023 juga berkesempatan untuk berdiskusi dan bertanya langsung kepada pembicara mengenai materi yang disampaikan. Hal ini disambut antusias oleh peserta, sehingga acara berlangsung dengan lancar dan interaktif.

Sebanyak 45 peserta yang terdiri dari mahasiswa preklinik FKG UNAIR bergabung dalam acara ini. Metode pembelajaran yang dilangsungkan di alam, membuat para peserta sejenak dapat mengurai kepenatan. Selain materi mengenai PICOT, peserta juga mendapatkan fasilitas tur dan memetik buah di kebun buah, edukasi mengenai buah yang akan dipetik, konsumsi, dan sertifikat ber-SKP.

Calista Arin selaku ketua pelaksana SFR 2023, berharap acara ini dapat bermanfaat bagi peserta. “Kami berharap SFR 2023 mampu memberikan waktu rehat di alam yang asri, sekaligus mampu menambah pengetahuan mengenai penyusunan PICOT dari sebuah jurnal dengan baik,” ungkapnya. STF

source
https://unair.ac.id/