Surabaya, fkg.unair – Kabar membanggakan datang dari putra-putri terbaik Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga. Tim Graptodent FKG berhasil menyabet emas kategori PKM-K pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36.

Tim Graptodent FKG sendiri terdiri dari lima mahasiswa, yakni Aurelia Della Imani, Gilang Ratri Sakti, Renata Jasmine Ramadhanty Felisha Tandra, M. Rafi Nurfaiz Arifin, Maretha Putri Surya Mahendra.

Aurelia selaku ketua tim menyebut bahwa timnya tidak menyangka dapat memenangkan medali emas di ajang bergengsi ini. “Akan tetapi syukur alhamdulillah perjuangan kami terbayarkan dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” terangnya.

Aurelia bercerita bahwa dalam beberapa bulan terakhir timnya melakukan banyak sekali persiapan demi menghadapi PIMNAS. Mulai dari kelengkapan administrasi, artikel ilmiah, poster, latihan presentasi, drilling pertanyaan, hingga berbagai revisi akhir.

“Tantangan terbesar yaitu mengatur waktu karena semua persiapan menuju ke PIMNAS ini waktunya sangat singkat.  Jadi harus mengejar timeline yang telah ada,” tutur Aurelia saat ditanya tentang tantangan selama persiapan.

Tim FKG sendiri menampilkan inovasi bernama ‘GRAPTODENT’. Produk herbal denture cleanser tersebut memanfaatkan potensi daun ungu untuk menjaga kesehatan rongga mulut. GRAPTODENT dikemas dengan efisien, ramah lingkungan, dan futuristik. Keunggulan tersebut membuat GRAPTODENT memenuhi value sustainable development goals (SDGs), khususnya pada pilar Good Health and Wellbeing.

Lewat kemenangan ini, Aurelia mewakili timnya mengucapkan terima kasih kepada setiap pihak yang telah mendukung mereka. Utamanya peran besar Ratri Maya Sitalaksmi, drg.,M.Kes., Ph.D., SpPros(K) selaku pembimbing tim.

“Dan untuk semua tim, kalian sangat luar biasa, sudah melakukan yang terbaik di acara lomba PKM tahun 2023. Untuk mahasiswa Unair, tetap terus berproses kedepan, jangan takut melihat orang orang disekelilingmu, tanamkan pada dirimu bahwa kamu bisa melakukan itu.” pesan Aurelia.

Medali emas tim FKG sendiri berkontribusi besar bagi Kontingen UNAIR yang berhasil meraih Juara 3 Nasional pada PIMNAS yang digelar di Universitas Padjadjaran Bandung. (int)

source
https://unair.ac.id/