Surabaya, fkg.unair – Panitia Pemilihan Umum Raya (Pemira) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG UNAIR) telah sukses menggelar Uji Masyarakat Kampus (UMK) pada Kamis, 14 Desember 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Kuliah A FKG UNAIR, dan dihadiri oleh para warga kampus, mulai dari mahasiswa, dosen, hingga tenaga kependidikan.

UMK merupakan salah satu tahapan penting dalam pelaksanaan pemira. Melalui kegiatan ini, para calon dapat menunjukkan kemampuan dan visi-misi, sekaligus menjadi kesempatan dalam meraup sebanyak-banyaknya suara dari civitas akademika FKG UNAIR.

UMK kali ini diikuti oleh dua pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM, yaitu pasangan calon (paslon) nomor satu yakni Ciptantyo Septyan Akbar Nurrahman dan Adrian Cetra Handita, serta paslon nomor 2 yakni Achmad Faishal dan Alfonsus Sindhu. Selain itu, UMK juga diikuti oleh ketiga calon DLM, yaitu Annisa Tri Maharani, Vicky Eka Firmansyah, Gilang Ratri Sakti.

Panitia Pemira FKG UNAIR Sukses Gelar Uji Masyarakat Kampus

Pada kesempatan tersebut, kedua pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM diuji oleh panelis yang terdiri dari dekanat, dosen kemahasiswaan, dan ketua BEM periode sebelumnya. Sedangkan calon DLM FKG UNAIR, diuji oleh perwakilan anggota DLM periode sebelumnya.

Panitia UMK telah mempersiapkan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menguji kemampuan dan kualitas para paslon/calon. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi presentasi cakabem dan cawakabem, tanya jawab panelis BEM, tanya jawab antar paslon BEM, question of life, tanya jawab panelis DLM, dan tanya jawab civitas.

Rangkaian UMK diharap dapat membantu para civitas untuk lebih dapat mengenali karakter dan cara berpikir dari para pasangan calon. “Dari presentasi yang disampaikan, para civitas dapat mengetahui visi-misi dan program kerja dari para calon. Dari tanya jawab yang dilakukan, para civitas dapat mengetahui kemampuan para calon dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kritis dan kompleks,” sebut Tsania Walida Salma selaku ketua Panitia Pemira.

UMK kali ini dinilai berjalan dengan lancar dan sukses. Tsania menyampaikan bahwa UMK tahun ini dilaksanakan dengan baik meski penontonnya dapat dikatakan masih kurang banyak. Namun, support dari masing-masing timses menjadikan UMK ini lebih hidup. Antusiasme civitas untuk bertanya pun terlihat dari jumlah penanya yang mengangkat tangan.

Adapun, notulensi UMK Pemira dapat kembali disimak pada lamaan .

Tsania berharap, berlangsungnya kegiatan UMK dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pemilih dalam menentukan pilihannya pada acara voting Pemilu Raya (Pemira) FKG UNAIR yang akan dilaksanakan pada 16-17 Desember 2023 mendatang. STF

source
https://unair.ac.id/