Surabaya, fkg.unairDentistry Intelectual Challenge (Dentine) 2024 akan segera digelar dalam waktu dekat, Sabtu (20/1/2024) hingga Minggu (28/1/2024). Olimpiade sains dan kedokteran gigi dasar untuk pelajar SMA dan sederajat tersebut sejauh ini telah mengumpulkan lebih dari 1350 tim terdaftar di website. Mengingat sertifikat pemenang nantinya dapat menjadi pendukung dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) pendaftaran perguruan tinggi, sehingga menarik banyak minat siswa.

Peserta yang mendaftar juga berasal dari berbagai daerah terutama di Pulau Jawa. Banyaknya asal daerah peserta tersebut membuat panitia membagi tempat pelaksanaan kegiatan agar lebih efisien.

“Di tahap awal yakni Babak Penyisihan, akan diselenggarakan di beberapa tempat atau rayon. Ada 14 kota sebagai rayon penyelenggaraan Dentine 2024. Yakni Surabaya, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Madura, Kediri, Malang, Jombang, Bondowoso, Probolinggo,Madiun, Tulungagung, Ponorogo, dan Bojonegoro,” tutur Haedar selaku ketua panitia.

Selain itu ada juga beberapa rayon yang menyelenggarakan olimpiade secara daring. Terdiri dari rayon Jember, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta Banten, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Lombok, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Papua.

Tersebarnya informasi pelaksanaan Dentine 2024 juga tidak lepas dari dampak media sosial. Melalui berbagai macam platform, panitia menyebarluaskan infomasi kegiatan tersebut. Selain itu, panitia juga melakukan sosialisasi kegiatan ke beberapa SMA.

Berimbang dengan antusiasme tinggi dari para calon peserta, persiapan acara Dentine 2024 juga hampir rampung. Segala konsep serta mekanisme pelaksanaan kegiatan telah dipikirkan dengan baik dan siap untuk dilaksanakan.

“Persiapan untuk Dentine 2024 ini telah kami lakukan sejak tahun lalu. Tepatnya di bulan Juni 2023. Semua panitia memberikan kontribusi terbaiknya sejak awal, bahkan ketika harus memangkas jatah liburan semester ganjil,” ujar Haedar.

Imbuh Haedar, bahwa berkurangnya jatah liburan panitia tidak menjadi masalah bagi mereka. Pasalnya, hal itu telah diketahui sejak awal ketika proses seleksi panitia. Masing-masing dari mereka telah menyatakan tanggung jawab dan komitmen penuh untuk mempersiapkan Dentine 2024.

“Selain kontribusi panitia, Dentine 2024 juga tidak lepas dari bantuan dan arahan dosen dan pihak Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG Unair). Pihak fakultas juga tidak lepas untuk turut memberi segala bentuk dukungan demi kesuksesan kegiatan tersebut. Seperti dukungan dalam pemakaian segala sarana dan prasarana fasilitas yang ada di kampus serta bantuan internasionalisasi sehingga Essay Competition Dentine 2024 telah mencapai skala internasional,” terang mahasiswa angkatan 2021 tersebut.(gds)

source
https://unair.ac.id/