Surabaya, fkg.unair – ‘Transformative Impact of Digital Technology’ menjadi topik yang menghantarkan Dyva Amalia Noor Pratama, Martinus Yudha, dan Feliza Theodora Putri Tjokro meraih Juara I kategori Poster dalam 17th Dentistry Scientific Meeting. Sejak awal kuliah, ketiga mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG Unair) tersebut memang bertekad untuk berprestasi selama masa preklinik mereka.

Lomba berskala nasional tersebut diselenggarakan oleh Universitas Indonesia pada Senin (18/9/2023) hingga Sabtu (11/11/2023). Dalam kurun waktu tersebut, Feliza dan teman-temannya menyiapkan berbagai strategi untuk keberhasilan mereka.

“Awalnya, kami terlebih dahulu berdiskusi mengenai hal yang menjadi masalah besar bidang kedokteran gigi dan sedang gencar belakangan ini. Kesimpulannya adalah pola pikir masyarakat di lingkungan sekitar kita bahwa permasalahan kesehatan gigi dan mulut masih dianggap sepele. Oleh karena itu, kami mulai mengumpulkan ide agar pelayanan kesehatan gigi dan mulut bisa menjangkau semua kalangangan masyarakat,” terang Feliza selaku perwakilan tim.

Dari pembahasan diskusi mereka, kemudian menemukan solusi untuk menggunakan teknologi sebagai pendukung layanan kesehatan gigi dan mulut. Mereka memanfaatkan teknologi bot-chat atau Artificial Intellegence yang bisa dijangkau seluruh kalangan masyarakat dengan konsep telekonsultasi interaktif.

Kesulitan yang mereka hadapi selama mempersiapkan lomba tersebut adalah manajamen waktu. Karena tidak hanya memfokuskan diri pada materi lomba dan perkuliahan, ketiganya juga harus membagi waktu untuk mempersiapkan kegiatan fakultas dan skripsi.

“Beruntung, kami mendapatkan bimbingan juga dari drg. Beta Novia Rizky, M.Si. drg. Beta membantu mengarahkan dan memandu kami selama mempersiapkan bahan-bahan untuk poster,” tutur Feliza.

Atas kerja keras ketiganya beserta bimbingan dari drg. Beta dan dukungan fakultas, mereka berhasil mengalahkan puluhan peserta lainnya dari berbagai universitas ternama di Indonesia. Di antaranya yakni Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, dan lainnya.

“Bangga karena cita-cita kami dari awal kuliah tercapai. Kami meraih prestasi di kompetisi ini. Karena tujuan saya selama masa perkuliahan adalah memenangkan suatu lomba tingkat nasional. Lebih lanjut bagi teman satu tim saya, mereka ingin menambah wawasan dan pengalaman dalam dunia perlombaan,” jelas Feliza. (gds)

source
https://unair.ac.id/