Surabaya, fkg.unair Sebanyak 15 inovasi produk kesehatan gigi oleh Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG UNAIR) berhasil dipromosikan melalui pameran produk hasil inovasi bertajuk Airlangga Startup Summit & Innovation Expo (ASSIE) 2023.

Produk-produk unggulan karya staf pengajar FKG UNAIR yang dipamerkan dalam ajang tersebut antara lain : 

  1. Sikat gigi IHSAN berbahan siwak – Prof. Dr.Taufan Bramantoro,drg., M.Kes.
  2. Pasta gigi Dentomaxx – Prof. Dr. R. Darmawan Setijanto, drg., M.Kes. dan Prof. Dr. Ernie Maduratna Setiawatie, drg., M.Kes
  3. Eryzol dental gel – Prof. Dr. Ernie Maduratna Setiawatie, drg., M.Kes
  4. Sativa mouthwash – Prof. Dr. Ernie Maduratna Setiawatie, drg., M.Kes
  5. Pasta gigi sativa – Prof. Dr. Ernie Maduratna Setiawatie, drg., M.Kes
  6. D-arts legacy cermin foto intraoral khusus pasien Asia – Prof. Dr. R. Darmawan Setijanto, drg., M.Kes.
  7. Tetracycline gel – Prof. Dr. Ernie Maduratna Setiawatie, drg., M.Kes
  8. Erryz klorofil – Prof. Dr. Ernie Maduratna Setiawatie, drg., M.Kes
  9. Shade guide digital – Prof. Dr. Dian Agustin Wahjuningrum,drg.,Sp.KG (K)
  10. Periobrush – Prof. Dr. Ernie Maduratna Setiawatie, drg., M.Kes
  11. Alat pengganti rahang gigi – Prof. R.M. Coen Pramono Danudiningrat, drg
  12. Tusuk gigi model sonde setengah bulat – Prof. Dr.Taufan Bramantoro,drg., M.Kes.
  13. Obat kumur fordontis  – Prof. Dr. Ernie Maduratna Setiawatie, drg., M.Kes
  14. Demineralized dentin material membrane – Dr Pratiwi Soesilawati, drg, M.Kes.
  15. Orthoceph diagnose made easier – Prof. Dr. R. Darmawan Setijanto, drg., M.Kes.

Berbagai produk inovasi FKG Unair memiliki keunggulan masing-masing. Misalnya, sikat gigi IHSAN berbahan siwak memiliki keunggulan karena terbuat dari bahan alami yang lembut dan tidak merusak gigi. Sementara itu, pasta gigi Dentomaxx memiliki keunggulan karena mengandung bahan alami yang dapat membantu mencegah gigi berlubang dan gusi berdarah.

Pameran ini berjalan sukses berkat tangan dingin para pembimbing dari tim penunjang inovasi dan produk yakni Dini Setyowati, drg., MPH., Ph.D, I Komang Evan Wijaksana, drg., Sp.Perio, Abil Kurdi, drg. Sp Pros., dan Reiska Kumala Bakti, drg, M.Ked.Trop., Ph.D. Juga dengan bantuan dari Beffano Roziq dan kawan-kawan selaku perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKG UNAIR.

Sebagai salah satu FKG terbaik di Indonesia bahkan di dunia, staf pengajar FKG UNAIR telah menghasilkan ragam inovasi produk di bidang kesehatan gigi. Namun, masih banyak kendala yang dihadapi, salah satunya yakni dalam melakukan pengenalan terhadap produk-produk tersebut kepada masyarakat luas.

Keikutsertaan FKG UNAIR dalam ASSIE 2023 ini merupakan kesempatan emas dalam memperkenalkan produk-produk inovasi FKG UNAIR kepada masyarakat luas. Selain itu, pameran ini dapat menghubungkan langsung inovator produk dengan masyarakat yang berminat terhadap produk tersebut.

“Semoga dengan keikutsertaan FKG UNAIR pada pameran ini dapat membawa produk-produk hasil inovasi yang telah dikeluarkan dapat lebih dikenal masyarakat, dan kemudian dapat memberikan manfaat yang sebaik-baiknya,” sebut dr.Evan selaku salah satu pembimbing.

Sebagai informasi, pameran yang dilangsungkan di Atrium Grand City Mall tersebut merupakan inisiasi dari Badan Pengembangan Bisnis Rintisan dan Inkubasi (BPBRIN) UNAIR. Digelar pada 1-3 Desember 2023 lalu, pameran ini mengundang inovasi dari seluruh fakultas di UNAIR termasuk FKG, holding UNAIR, revenue generating user, program pusat unggulan perguruan tinggi, serta bagian dari Airlangga Business and Technology Incubator (IBT-UNAIR). STF

source
https://unair.ac.id/