Surabaya, FKG UNAIR – Libur lebaran telah usai. Pagi hari, pada Selasa, 16 April 2024, semua aparatur sipil negara sudah kembali ke tempat kerja masing-masing, kembali melakukan aktivitas seperti biasa. Tak terkecuali Dosen dan Tendik di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga. Sudah mulai ramai memenuhi ruangan masing-masing. Namun, ada nuansa yang berbeda bila kita amati, yakni tidak ada aktivitas kerja yang biasanya rutin dilakukan.

Karena masih dalam bulan Syawal dan masih hangat suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Dosen dan Tendik FKG Unair, saling berjabat tangan, untuk saling meminta maaf dan memaafkan satu sama lain. Bahkan beberapa tendik dan dosen rela berdesakan di ruangan kecil Tata Usaha, agar bisa saling berjabat tangan dengan suasana hati yang riang gembira. Apalagi ada suguhan kue khas lebaran yang telah disiapkan di meja. Menambah riuhnya suasana.

Kampus FKG Unair yang sempat sunyi senyap karena ditinggal civitas academica untuk merayakan Lebaran bersama keluarga dan mudik ke kampung halaman masing-masing, kini kembali ramai. Mulai terasa hiruk pikuk Dosen, Tendik, juga Mahasiswa, oleh karena kegiatan akademik, perkuliahan, praktikum, skills lab, ujian, profesi dan yang lainnya langsung dimulai pada hari itu juga. Tetapi setiap kali bertatap muka, ada ucapan yang secara tidak sadar langsung diucapkan oleh para civitas academica FKG Unair. “Selamat Hari Raya, Taqobbalallohu minna wa minkum Taqobbal yaa Kariim, Minal Aidzin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Batin.”

Tak lupa juga saling menanyakan, “Mudik ke mana; libur lebaran pergi ke mana aja; bagaimana perjalanan selama mudik, macet kah; silaturahim ke mana aja; apa aharus menyiapkan angpao; apa jumlah angpao yang dibagikan bertambah,” dan yang lainnya.

Para dosen dan tendik juga tak lupa mengunjungi Dekanat FKG Unair, yang tentunya disambut dengan penuh sukacita oleh para pimpinan fakultas tersebut, baik Dekan, Prof. Dr. Muammad Luthfi, drg., M.Kes., PBO; Wadek 1, Prof. Dr. Ira Widjiastuti, drg., M.Kes., SpKG(K); Wadek 2, Andra Rizqiawan, drg., Ph.D., SpBMM(K); beserta Wadek 3, Dini Setyowati, drg., Ph.D.

Ditemui secara terpisah, Humas FKG Unair, Dr. Anis Irmawati, drg., M.Kes., PBO mengatakan bahwa, “Hari pertama masuk setelah libur Hari Raya Idul Fitri, aktivitas pertama yang dilakukan para civitas adalah saling memaafkan satu sama lain, saling mengihlaskan satu sama lain. Adapun acara resmi Halal Bihalal fakultas in syaa Alloh akan diselenggarakan pekan depan, pada Senin, 22 April 2024.” (air)

Mohon maaf lahir dan batin 2024

source
https://unair.ac.id/