Surabaya, FKG UNAIR – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) baru-baru ini telah melangsungkan acara penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Acara ini digelar dalam rangka peringatan World Oral Health Day 2024 dan upaya pendidikan masyarakat di bidang kesehatan gigi dan mulut, khususnya bagi anak-anak Surabaya.

Penyuluhan ini berlangsung di SD Al Islam, Surabaya, pada Rabu, 8 Mei 2024. Ibu Hana, mewakili pihak sekolah, menyambut hangat tim FKG UNAIR. Acara ini juga mendapatkan dukungan dari Pepsodent sebagai sponsor, yang berperan penting dalam kelancaran acara.

Materi penyuluhan berfokus pada peningkatan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Melalui video animasi pendek, peserta diajak untuk memahami pentingnya perawatan gigi dan mulut sejak dini. Demonstrasi cara menyikat gigi dengan baik dan benar juga menjadi bagian penting dari acara ini.

Ketua panitia acara, yaitu Drg. Beta Novia Rizky M.Si, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari misi pendidikan FKG UNAIR dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya anak-anak, tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, pemeriksaan gigi dan aplikasi topikal fluor yang dilakukan bertujuan untuk mencegah adanya kerusakan gigi sejak dini, sejalan dengan poin ketiga dari The Global Goals for Sustainable Development, yaitu Good Health & Well-being.

Acara ini akan berlanjut di TK Islam At-Taqwa pada tanggal 20 Mei 2024 dan di SD Ta’miriyah Surabaya pada tanggal 22 Mei 2024. Ini merupakan bagian dari upaya FKG UNAIR dalam memperkuat edukasi kesehatan gigi dan mulut di Surabaya dalam rangka World Oral Health Day 2024.

source
https://unair.ac.id/