Surabaya, 22 Mei 2024Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG UNAIR) merayakan World Oral Health Day (WOHD) 2024 dengan menyelenggarakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut di beberapa sekolah di Kota Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut anak-anak.

Pada tanggal 8 Mei 2024, kegiatan ini dilaksanakan di SD Al-Islam Surabaya, dan pada tanggal 20 Mei 2024, kegiatan serupa diadakan di TK & MI At-Taqwa Surabaya. Pada hari ini, Rabu (22/5) pagi, kegiatan tersebut kembali dilaksanakan di SD Ta’miriyah Surabaya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar berkat kerjasama dengan Pepsodent sebagai sponsor. Penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS), serta Mahasiswa Profesi Pendidikan Dokter Gigi FKG UNAIR. Dalam penyuluhan ini, mereka menggunakan materi edukasi berupa video animasi pendek yang menggambarkan pentingnya pengetahuan dan kesadaran dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak-anak.

Selain itu, para pemateri juga memberikan contoh langsung melalui media phantom tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar kepada murid-murid SD Ta’miriyah. Penyuluhan ini disambut dengan semangat dan antusiasme oleh murid-murid SD Ta’miriyah, yang aktif dalam menjawab kuis yang diberikan.

Ibu Sofi, Kepala SD Ta’miriyah, menyambut baik kegiatan ini. Pada hari ini, sebanyak 208 murid mendapatkan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut. Melalui kegiatan ini, diharapkan pengetahuan anak-anak tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat meningkat. Selain penyuluhan, seluruh murid juga menjalani pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, dan sebanyak 20 murid menerima tindakan aplikasi topikal fluor. Dengan adanya pemeriksaan dan aplikasi topikal fluor ini pada gigi murid yang terindikasi, diharapkan dapat membantu mencegah gigi berlubang sejak dini.

Kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir dari WOHD FKG UNAIR 2024. Ketua pelaksana WOHD 2024, drg. Beta, mengucapkan terima kasih kepada sponsor, 3 sekolah dasar yang turut berpartisipasi, dan seluruh panitia. “Sampai jumpa di WOHD 2025!” ucapnya dengan antusias.

source
https://unair.ac.id/