Surabaya, fkg.unair.ac.idDentolaser, inovasi alat terapi gigi oleh tim Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menunjukan taringnya di pameran SEE Pakistan 2023 pada 26 Agustus 2023. Inovasi ini merupakan instrumen medis yang dapat digunakan oleh para dokter gigi sebagai alat terapi dan mulut dengan teknologi laser.

Anggota tim peneliti, Prof. Dr, Ernie Maduratna Setiawati asal Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNAIR, menyebutkan bahwa terapi Dentolaser mampu mengeliminasi bakteri secara spesifik dan tidak dapat dijangkau dengan alat konvensional. Selain dokter gigi, alat ini juga bisa digunakan oleh dokter umum, utamanya bagi dokter yang menangani penyakit kulit seperti jerawat dan ulkus diabetik.

Invensi ini dilatarbelakangi oleh tingginya penyakit infeksi gigi, bahkan penyakit ini menduduki peringkat pertama dalam kelompok penyakit yang dikeluhkan masyarakat. Dengan memadukan  Dentolaser Antimikroba dan Dentolaser Fotobiomodulasi, Dentolaser ciptaan tim ini atau yang biasa dikenal dengan Dento-ßilaser dapat berguna untuk akselerator penyembuhan Penyakit Gigi dan Mulut.

Alat Terapi Gigi Tim UNAIR Lolos Pameran Skala Global di Pakistan

Dentolaser telah menyepakati nota kerjasama dengan PT. Sarandi Karya Nugraha sebagai manufaktur industri alat-alat kesehatan. Sehingga, penjualan dan penggunaan alat ini bisa dimanfaatkan secara lebih luas lagi.

SEE Pakistan merupakan ajang pameran inovasi dari bidang pendidikan di seluruh dunia, yang telah berhasil dihilirisasi melalui industri dan penjualan kepada masyarakat. Bersama dengan inovasi Diabetkol, Dentolaser mewakili UNAIR sekaligus Indonesia di ajang prestisius tersebut.

Ketua tim peneliti yakni Prof Dr Suryani Dyah Astuti MSi dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNAIR berharap dengan dipamerkannya produk ini dapat sekaligus mengharumkan dan memperluas nama Dentolaser di mata global.

Alat Terapi Gigi Tim UNAIR Lolos Pameran Skala Global di Pakistan

“Semoga produk dentolaser dan pengembangannya dapat bermanfaat bagi masyarakat, dokter gigi di Indonesia semoga berkenan menggunakan produk alat dalam negeri yang berdasarkan hasil uji klinik menunjukkan efikasi yang baik,” harapnya. STF

source
https://unair.ac.id/