Surabaya – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) terus memperluas jaringan kerjasama internasionalnya, hal ini direalisasikan dengan adanya pembicaraan kerjasama dan kolaborasi internasional dengan Kagoshima University, Jepang. Pertemuan ini dilaksanakan oleh jajaran pimpinan FKG UNAIR dlam kunjungannya yang dilakukan secara offline demi menjalin kemitraan yang erat dalam bidang pendidikan dan penelitian kedokteran gigi antara kedua universitas.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi dari FKG UNAIR, dipimpin oleh Andra Rizqiawan, drg., Ph.D., Sp.BM, selaku Wakil Dekan III FKG UNAIR, dan delegasi dari Kagoshima University, yang membahas berbagai potensi kerjasama yang dapat dilakukan. Pembicaraan meliputi pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, program penelitian bersama, serta kolaborasi dalam pengembangan kurikulum dan sertifikasi.

Seluruh Civitas Akademika FKG UNAIR menyampaikan antusiasme dan komitmen FKG UNAIR untuk memperkuat kerjasama dengan Kagoshima University. Pertemuan yang diadakan ini merupakan langkah awal yang sangat positif dalam mengembangkan hubungan akademik dan penelitian antara FKG UNAIR dan Kagoshima University. Dengan adanya kerjasama ini juga dapat memberikan manfaat yang nyata bagi kedua belah pihak dan juga untuk kemajuan ilmu kedokteran gigi di Dunia.

Kedua delegasi dari FKG UNAIR dan Kagoshima University menyambut baik akan adanya kerjasama ini dan melihat potensi kolaborasi yang saling menguntungkan dalam bidang pendidikan dan penelitian, terutama pada academic exchange dalam pentingnya pengetahuan dan pengalaman antara kedua universitas dalam mendukung pengembangan ilmu kedokteran gigi secara global.

Kagoshima University merupakan universitas terkemuka di Jepang yang memiliki keunggulan dalam bidang kedokteran gigi. Kerjasama dengan universitas ini akan membuka peluang bagi mahasiswa FKG UNAIR untuk mengikuti program pertukaran pelajar, magang, serta penelitian di Kagoshima University. Hal ini akan memberikan pengalaman berharga dan memperluas wawasan akademik serta kultural mahasiswa.

Dalam upaya mempersiapkan mahasiswa FKG UNAIR untuk menghadapi tantangan global, kerjasama internasional dengan universitas-universitas terkemuka menjadi prioritas FKG UNAIR. Kerjasama dengan Kagoshima University diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan mutu pendidikan dan penelitian di bidang kedokteran gigi serta meningkatkan reputasi FKG UNAIR sebagai lembaga pendidikan gigi yang berstandar internasional. (AR)

source
https://unair.ac.id/