Surabaya, FKG UNAIR – Tahun 2024 ini, FKG UNAIR melaksanakan program Stovit Community Outreach 2024, dimana salah satu program unggulan yang dilaksanakan yaitu penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, yang kali ini melibatkan mahasiswa internasional dari Jepang dan Malaysia. Sebanyak 25 mahasiswa dari MAHSA University, Universiti Sains Islam Malaya, Hiroshima University, Kagoshima University, dan Kyushu University turut serta dalam kegiatan tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang efektif. Seluruh mahasiswa bergabung bersama Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga dalam memberikan penyuluhan kepada siswa-siswi SDN Trawas 1 dan SDN Trawas 2.

Kegiatan penyuluhan dimulai dengan pemaparan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk cara yang benar dalam menyikat gigi dan pola makan yang sehat. Total 228 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 turut serta dalam kegiatan ini.

Meskipun terdapat kendala bahasa dan komunikasi antara mahasiswa internasional dan siswa-siswi sekolah dasar, namun antusiasme peserta penyuluhan terlihat sangat jelas. Seluruh mahasiswa internasional turut berpartisipasi dalam praktek menyikat gigi, membantu siswa-siswi sekolah dasar mempraktikkan teknik yang benar.

FKG UNAIR Gelar Program Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut Bersama Stovit Community Outreach 2024

“Paparan kegiatan penyuluhan ini penting bagi siswa-siswi sekolah dasar terutama dalam wilayah Puskemas Trawas. Apalagi SDN Trawas 1 dan SDN Trawas 2 adalah Sekolah Adiwiyata”, ucap Drg. Aita Yessy Silia selaku Kepala UPT Puskesmas Trawas.

Beberapa mahasiswa internasional mengakui bahwa ini adalah pengalaman pertama mereka dalam kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut bagi siswa sekolah dasar. “It was a lot of fun. I am happy to be involved in children’s dental education”, ujar Eriko Miura, sebagai salah satu partisipan dari Kagoshima University.

FKG UNAIR selalu mendukung pengabdian masyarakat dibidang kedokteran gigi secara global. Dengan adanya program Stovit Community Outreach ini, diharapkan seluruh Universitas didunia dapat membantu dan memberikan dampak positif bersama masyarakat dalam membentuk kesehatan gigi dan mulut yang lebih baik kedepannya.

source
https://unair.ac.id/