Surabaya, FKG UNAIR – Belajar merupakan salah satu hal esensial dalam kehidupan. Seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, belajar menjadi semakin mudah karena media pembelajaran yang semakin banyak dan semakin mudah diakses. Namun, tidak semua orang paham mengenai cara untuk memaksimalkan pemanfaatan dari media-media tersebut. Sebagian orang mungkin lebih mudah untuk belajar dengan cara mendengarkan, tetapi sebagian yang lain justru harus mencatat. Nah, hal inilah yang akan Strivia bahas kali ini. Tahukah kalian bahwa metode belajar secara umum dikategorikan menjadi tiga tipe? Yuk, simak penjelasannya!

  1. Visual
    Jika kamu merasa lebih mudah menangkap penjelasan dengan mengandalkan indera penglihatan, berarti cara belajarmu tergolong dalam kategori visual. Ciri-ciri tipe visual adalah mereka lebih mudah mengingat dari apa yang mereka lihat daripada yang didengar. Tipe belajar visual juga lebih mudah menerima instruksi melalui tulisan dibandingkan verbal, lebih suka membaca daripada mendengarkan, dan suka menggambar di kertas. Lalu bagaimana cara belajar yang tepat untuk kategori visual? Yang pertama adalah belajar dari gambar ataupun video yang menarik, belajar dari buku yang melibatkan ilustrasi, menggunakan tinta berwarna untuk membuat catatan, dan buat mind mapping untuk mempermudah belajar.
  2. Auditori
    Selanjutnya apabila kamu lebih mengandalkan indera pendengaran, berarti kamu tergolong dalam kategori auditori. Orang dengan cara belajar auditori biasanya lebih mengingat hal yang didengar dibandingkan yang dibaca, senang mendengarkan, senang membaca dengan mengeluarkan suara atau menggerakkan bibir, dan mudah mengingat nama orang yang baru mereka kenal. Jika kalian termasuk dalam kategori auditori, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk memaksimalkan belajar kalian. Hal-hal tersebut seperti belajar sambil mendengarkan musik, merekam dosen saat mengajar untuk kemudian didengarkan lagi, mendengarkan penjelasan dengan seksama, diskusi dengan teman, dan apabila belajar dari buku kalian bisa belajar sambil diucapkan dengan suara pelan untuk lebih bisa mengingat.
  3. Kinestetik
    Kategori yang terakhir adalah untuk kalian yang suka melibatkan gerakan atau kinestetik. Biasanya orang-orang yang termasuk dalam kategori kinestetik ini tidak betah berdiam terlalu lama di dalam kelas dan lebih mudah mempelajari sesuatu dengan cara mempraktikkannya. Ciri yang lain adalah terkadang mereka kesulitan untuk menulis tetapi mudah untuk bercerita, menyukai aktivitas yang melibatkan gerakan seperti menari dan olahraga, saat berkomunikasi banyak menggunakan gesture atau gerak tubuh, dan menghafal dengan cara berjalan atau melihat. Cara belajar untuk kalian yang masuk dalam kategori ini adalah ketika mendapatkan materi segera praktikkan apabila memungkinkan, belajar sambil melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan seperti berjalan atau menjentikkan jari, dan memanfaatkan multimedia interaktif untuk mempelajari materi yang memerlukan media.

Nah, itu dia tiga kategori metode belajar secara umum. Jadi, kalian termasuk yang mana nih? Jangan lupa untuk menerapkan tips belajar sesuai tipe kamu dan dapatkan nilai maksimal! (SRN/VPW)

source
https://unair.ac.id/