Surabaya, fkg.unairFakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) dan Faculty of Dentistry Yonsei University resmi perpanjang Memorandum of Agreement (MoA). Hal itu dilangsungkan di Faculty of Dentistry, Yonsei University, Korea pada Jumat (16/6/2023) lalu.

Ninuk Hariyani, drg., M.Kes., MPh., PhD selaku Ketua Tim Kerjasama Luar Negeri FKG UNAIR mengatakan, kerjasama FKG UNAIR dengan Yonsei University sudah berlangsung cukup lama. Namun kolaborasi yang telah terjalin sebelumnya hanya di level departemen atau antar dosen secara individu.

“Saat ini kita mencoba untuk menaikkan kolaborasi ke level fakultas melalui perpanjangan MoA kemarin,” ujarnya.

Kerjasama yang terjalin, kata Ninuk, mencakup seluruh tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui perjanjian yang baru itu, FKG UNAIR dan Yonsei University bakal saling bertukar sumber daya, fasilitas, hingga data penelitian.

“Dengan adanya akses yang lebih luas, kualitas penelitian dan pendidikan kita harapkan semakin meningkat. Selain itu juga memperkuat reputasi internasional dan memperluas wawasan serta jaringan bagi kedua pihak,” tutur Ninuk.

Sebagai informasi, penandatanganan MoA itu dihadiri oleh masing-masing perwakilan dari kedua pihak. Dari Yonsei University, Professor Kee-Joon Lee selaku Dekan beserta Prof Young-Bum Park selaku Wakil Dekan Bagian Pendidikan; Prof Ki Woo Kin Wakil Dekan Internasionalisasi; serta Professor Jeong-Heon Cha dan Prof Baek-il Kim diketahui hadir.

Sementara itu, ada lima perwakilan FKG UNAIR dalam agenda penting itu. Yakni Drg Andra Rizqiawan, Ph.D., Sp.BM selaku Wadek 3; Ninuk Hariyani, drg., M.Kes., MPh., PhD; Dewina Marsha Larasati, drg., Sp. Perio selaku perwakilan Faculty Ambassador; Dr. Indra Mulyawan, drg., MMRS., Sp.BMM., Subsp.TM-TMJ(K) selaku Wakil direktur RSGM; drg. Reza Al Fessi, Sp.BM, M.Ked.Klin sebagai Ketua Tim Kerjasama Dalam Negeri.

Diketahui Yonsei University merupakan salah satu dari jajaran nama kampus terbaik di Korea Selatan. Ninuk berharap, kolaborasi kali ini mampu memberi manfaat bagi FKG UNAIR maupun Yonsei University untuk melakukan investasi dalam pengembangan pendidikan di masa yang akan datang.

“Semoga ke depan seluruh sivitas akademika FKG UNAIR dapat memanfaatkan adanya MoA ini untuk membangun aktivitas bersama dengan staf FKG Yonsei University, baik itu untuk join class, research bersama, maupun pendaftaran grant-grant internasional,” ucap Ninuk. (*) (err)

source
https://unair.ac.id/