Surabaya, fkg.unair – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali mengunjungi Chosun University Dental Hospital (CUDH), Korea, untuk membahas kerjasama internasional antar kedua Universitas. Tepatnya pada Sabtu (17/6/2023) lalu.Dalam kunjungannya kali ini, keduanya membahas mengenai kemungkinan sivitas akademika FKG, baik staff maupun mahasiswa, untuk melakukan kunjungan akademik ke Cleft Palate Center, Chosun University.

Ninuk Hariyani, drg., M.Kes., MPh., PhD selaku Ketua Tim Kerjasama Luar Negeri menuturkan bahwa kerjasama dengan Chosun University kali ini sangat bergantung pada pendekatan dan aktivitas yang akan dibangun di level departemen. “Kami membahas mengenai Chosun yang memiliki Cleft Palate Centre yang memungkinkan untuk dikunjungi mahasiswa UNAIR selama satu hingga dua minggu. Namun ini masih perlu diskusi lebih lanjut karena beasiswa dari Pemerintah Korea sudah tidak ada,” jelas Ninuk.

Ia menambahkan, kerjasama FKG UNAIR dengan Chosung University sudah berlangsung cukup lama lama, yakni sejak 2018 dan hingga kini masih berlaku. Bersamaan dengan kunjungan yang dilakukan ke Korea Selatan untuk penandatanganan MoA dengan Seoul National University dan Yonsei University, pihaknya menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Chosun.

Sebelumnya FKG pernah mengirimkan Dr. Indra Mulyawan, drg., MMRS., Sp.BMM., Subsp.TM-TMJ(K) yang saat ini menjabat sebagai Wakil direktur RSGM untuk  mengikuti clinical training di CUDH pada tahun 2019. Baru-baru ini FKG UNAIR juga mengundang Prof. Seong-Yong Moon sebagai Adjunct Professor.

“Kita ingin menjaga kerjasama yang telah berjalan, terus menjalin hubungan baik dan mendiskusikan aktivitas-aktivitas bersama untuk masa yang akan datang,” ungkapnya.

Sebagai informasi, kedatangan FKG UNAIR disambut baik oleh pihak Chosun University. Terlihat hadir Prof Nan-Young Lee, selaku Direktur Rumah Sakit Gigi Chosun  University Bersama Prof Mee Kyoung Son dan Professor Sang-Join Yu dari Departemen Periodontics School of Dentistry Chosun University.

Sementara itu, FKG UNAIR mengirimkan lima delegasinya dalam kunjungan itu. Diantaranya yakni Drg Andra Rizqiawan, Ph.D., Sp.BM selaku Wadek 3; Ninuk Hariyani, drg., M.Kes., MPh., PhD; Dewina Marsha Larasati, drg., Sp. Perio selaku perwakilan Faculty Ambassador; Dr. Indra Mulyawan, drg., MMRS., Sp.BMM., Subsp.TM-TMJ(K); drg. Reza Al Fessi, Sp.BM, M.Ked.Klin sebagai Ketua Tim Kerjasama Dalam Negeri.

Ninuk berharap, kolaborasi internasional dengan Chosun terus terjalin dengan baik. Sehingga semakin banyak staf yang bisa terlibat dan memanfaatkan kerjasama tersebut.(*) (err)

source
https://unair.ac.id/