Surabaya, September 2023Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga telah sukses melaksanakan rangkaian kegiatan akreditasi Program Studi Spesialis Kedokteran Gigi Anak (PS Sp.KGA). Program tersebut dilaksanakan dalam pengawasan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) pada hari Senin dan Selasa (21,22 Agustus 2023). Seluruh kegiatan akreditasi dilaksanakan di gedung Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga dan telah dipersiapkan dengan matang oleh seluruh staff dan mahasiswa program pendidikan dokter gigi spesialis (PPDGS) departement ilmu kedokteran gigi anak.

Kegiatan akreditasi ini dilakukan sebagai media penjamin mutu kualitas dan standar pendidikan yang telah diselenggarakan oleh Program Studi Sp.KGA. Rangkaian akreditasi yang dilaksanakan selama dua hari ini meliputi visitasi dan diskusi secara teliti oleh Prof. drg. Ismet Danial Nasution Ph.D., Sp. Pros (K) dan Dr. drg. Mochammad Taha Ma’ruf, M.Erg., CMC selaku asesor, dengan didampingi oleh para dosen, tenaga pendidik, dan PPDGS Sp.KGA. Penilaian yang dilakukan meliputi 9 kriteria yaitu visi, misi, tujuan dan strategi, tata pamong, tata kelola dan kerjasama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, sarana prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, hingga capaian.

Prodi Ilmu Kedokteran Gigi Anak Raih Peringkat “UNGGUL”

Kegiatan akreditasi ini sekaligus merupakan upaya dari FKG Unair dalam mendukung tujuan program Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4, yaitu pemberian pendidikan yang berkualitas, dan tujuan nomor 3, yaitu kehidupan sehat dan sejahtera bagi masyarakat yang sejalan dengan visi dari FKG Unair, yaitu menjadi Program Studi berstandar internasional untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia secara khusus, dan masyarakat Internasional secara umum, melalui pengembangan IPTEK Kedokteran Gigi Anak khususnya di bidang Oral Health-related Quality of Life.

Melalui akreditasi ini, Program Studi Sp. IKGA berhasil mendapatkan predikat Unggul. “Harapan kami dengan predikat unggul yang diperoleh, kami  dapat terus menghasilkan lulusan yang berkualitas” ujar Prof. Dr. drg. Sindy Cornelia Nelwan Sp.KGA(K) selaku koordinator PS Sp.KGA. Predikat Unggul merupakan nilai akreditasi tertinggi dalam standar akreditasi LAM-PTKes.

Prodi Ilmu Kedokteran Gigi Anak Raih Peringkat “UNGGUL”

source
https://unair.ac.id/