Surabaya, fkg.unair – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali membuka kesempatan berkolaborasi dengan instansi pendidikan luar negeri. Kali ini, FKG UNAIR menerima visitasi dari Assoc . Prof. Dr. Mas Suryalis Ahmad dari Faculty of Dentistry, Universiti Teknologi MARA, Malaysia pada Jumat, 21 Juli 2023. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya antara Assoc. Prof. Dr. Mas Suryalis Ahmad dengan alm. Prof. Agung Sosiawan, Dekan FKG UNAIR, pada tahun awal tahun 2023 silam yang membahas potensi kerja sama di bidang kedokteran gigi.

Dalam kunjungannya, Dr. Mas Suryalis Ahmad diterima dengan hangat oleh Wakil Dekan II FKG UNAIR, Prof. Dr. Muhammad Luthfi, drg., M.Kes. dan Wakil Dekan III FKG UNAIR, Andra Rizqiawan, drg., Ph.D., Sp.BM (K) beserta jajaran dosen dan staf. Dalam kesempatan itu, Dr. Mas Suryalis Ahmad berdiskusi tentang potensi kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. 

Sebagai salah satu FKG terbaik di Indonesia,  Dr. Mas Suryalis Ahmad  mengungkapkan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan FKG UNAIR, utamanya di bidang special care yaitu perawatan gigi dan mulut bagi pasien dengan kebutuhan khusus. Dr. Mas Suryalis Ahmad sendiri merupakan salah satu dosen senior di Departemen Special Care Dentistry, sehingga selain berkolaborasi dengan Departemen Prostodonsia FKG UNAIR, kedepannya kolaborasi ini juga berkemungkinan melibatkan Departemen Kedokteran Gigi Anak (KGA) FKG UNAIR.

Andra Rizqiawan, drg., Ph.D., Sp.BM (K) menyambut baik rencana kerja sama tersebut. Ia mengatakan bahwa FKG UNAIR siap untuk berkolaborasi dengan Universiti Teknologi MARA dalam meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang kedokteran gigi.

“Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi kedua institusi dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat baik di Indonesia maupun Malaysia,” ujar Andra Rizqiawan, drg., Ph.D., Sp.BM (K) .

Selain kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian, FKG UNAIR dan Universiti Teknologi MARA berencana mengadakan pertukaran mahasiswa pada tahun ini. Diharapkan kedatangan mahasiswa kedokteran gigi dari UiTM ke FKG UNAIR dapat mempererat kerjasama di bidang internasional.

Kunjungan Assoc. Prof. Dr. Mas Suryalis Ahmad ke FKG UNAIR merupakan langkah positif dalam meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia di bidang kedokteran gigi. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat kedua negara. (STF)

source
https://unair.ac.id/