Surabaya, fkg.unair.ac.id – Menyemarakan hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, departemen Ilmu Penyakit Mulut (IPM) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG UNAIR) ikut serta dalam gelaran Surabaya Great Expo 2023. Dalam gelaran tertanggal 16-20 Agustus 2023 tersebut, IPM FKG UNAIR mengadakan talkshow bertema “Merdeka dari Infeksi Rongga Mulut pada Anak”.

Bekerjasama dengan PT Debindo Mitra Tama, IPM FKG UNAIR menghadirkan berbagai materi seputar manifestasi oral penyakit infeksi yang banyak menjangkit anak. Selain itu, juga dipaparkan cara pencegahan, vaksin yang sudah tersedia, dan tata laksananya.

Pembicara dalam talkshow acara ini adalah residen IPM angkatan 2022, yaitu drg. Annissaqiella Maharani, drg. Gremita Kusuma Dewi, dan drg. Gung Sri Pradnyani. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh kepala departemen IPM Adiastuti Endah, drg., M.Kes., Sp.PM (K), Ketua Program Studi (KPS) IPM Prof. Dr. Diah Savitri, drg., M.Si., Sp.PM (K), serta seluruh staff pengajar departemen IPM, dan residen IPM.

Fatma Yasmin Mahdani, drg., M.Kes selaku koordinator kegiatan ini memaparkan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan infeksi rongga mulut pada anak. Sementara itu, Aulya setyo pratiwi, drg. Sp.Pm  selaku koordinator juga berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kesadaran para orangtua terhadap kesehatan rongga mulut anak.

“Talkshow ini diharap bisa menjadi sarana informasi dan edukasi kepada masyarakat awam mengenai infeksi rongga mulut pada anak-anak. Sehingga, para orang tua dapat lebih waspada, dan kembali mengecek riwayat vaksinasi pada anak,” ungkap dr Aya.

Lebih lanjut, Surabaya Great Expo merupakan acara untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya yang ke-730 sekaligus HUT RI ke-78. Acara tahunan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya, dan dilangsungkan di Grand City Mall Surabaya

Berlangsungnya acara gelar wicara menjadi satu perwujudan IPM FKG UNAIR dalam rangka menguatkan poin Sustainable Development Goals (SDGs) yang ke-3 yakni Menjamin Kehidupan yang Sehat dan Meningkatkan Kesejahteraan Seluruh Penduduk Semua Usia. (STF)

source
https://unair.ac.id/