Surabaya, fkg.unair – Meyandang predikat Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Tidak terkecuali bagi Renata Jasmine Ramadhanty Felisha Tandra. Mahasiswi angkatan 2021 tersebut berhasil meraih juara pertama dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG Unair) di tahun 2023 ini.

Pengumuman Mawapres FKG Unair telah diunggah melalui akun instagram resmi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKG Unair @bemfkgunair pada Minggu (15/10/2023).

“Sebelumnya saya tidak pernah terbayangkan untuk menjadi Mawapres FKG Unair, jadi sangat kaget dan bersyukur. Namun berkat bimbingan dan kesempatan dari dosen serta teman-teman, saya bersyukur bisa meraih juara dalam kompetisi ini,” ujar Renata.

Dara kelahiran 2003 tersebut menambahkan, bahwa tidak banyak prestasi yang ia cantumkan untuk menyokong kompetisinya dalam Pilmapres. Beberapa yang ia sertakan yakni lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) tahun 2022, dan PKM Kewirausahaan (PKM-K) di tahun 2023.

Kedua PKM besutan Renata dan teman-temannya itu mengsung tema yang sama yakni potensi ekstrak daun ungu (Graptophyllum pictum (L.) Griff.) sebagai obat pembersih gigi palsu (denture). Tahun ini, dirinya dan tim berkesempatan untuk mengembangkan hasil riset menjadi sebuah produk dan menjualnya ke pasaran.

Bukan tanpa alasan, Renata menekuni PKM selama dua tahun berturut-turut. “Motivasi saya adalah tertarik untuk belajar mengembangkan sebuah ide dan belajar hal baru. Di PKM ini banyak hal yang saya pelajari yakni mengenai proses penulisan ide menjadi sebuah proposal, perancangan mekanisme untuk mewujudkan suatu ide, kerja sama tim, dan manajemen waktu,” tuturnya.

Lebih lanjut, melalui berbagai diskusi, negosiasi, dan presentasi juga membantu Renata dalam mengasah skill komunikasinya. Selain itu karena ia berkesempatan untuk menyusun PKM-K, membantunya belajar untuk merancang dan menganalisis pasar serta keuangan.

Nilai Tambahan

Selain prestasi, organisasi juga menjadi nilai tambahan yang menghantarkan Renata menjadi Mawapres FKG Unair. Renata tergabung dalam BEM FKG Unair sebagai Wakil Ketua Departemen Kajian Strategis dan Advokasi (Kastrad).

Dalam Pilmapres juga mempertimbangkan Gagasan Kreatif setiap peserta. Renata mengusung tema optimalisasi Usaha Kesehatan Gigi Sekolah di Sekolah Dasar Melalui Multimedia Based Learning dan Kerjasama Multi-Sektoral.

“Mawapres menjadi motivasi saya untuk meningkatkan prestasi serta lebih mengeksplor kemampuan. Harapannya saya bisa juga mengajak teman-teman di FKG UNAIR untuk mengulik lebih dalam keunggulannya pada bidang minat masing-masing,” imbuh Renata.(gds)

source
https://unair.ac.id/