Surabaya, fkg.unair – Muhammad Dani Anko Putra, mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil meraih juara 1 mahasiswa berprestasi (Mawapres) angkatan 2022. Prestasi ini diraih setelah melalui rangkaian Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) mulai dari seleksi administrasi, presentasi, hingga wawancara.

Capaian ini tak lepas dari berbagai prestasi akademik dan non-akademik yang ditorehkan selama menjadi mahasiswa. Dani pernah menjadi peraih tim PKM didanai oleh Belmawa, juara literatur review, dan poster. Ia juga aktif dalam berbagai komunitas seperti BEM FKG UNAIR, SSC FKG UNAIR, dan beberapa kepanitiaan internal lain di FKG UNAIR.

“Alhamdulillah saya berkesempatan untuk mengikuti dan menjadi ketua dalam proyek penelitian PKM yang Didanai oleh Belmawa Dikti Ristek Kemendikbud dan kebetulan karya Gagasan Kreatif (GK) yang saya angkat merupakan gagasan lanjutan dari rancangan PKM ini, yaitu Aplikasi Monitoring Efektivitas Gel Ekstrak Kopi Robusta berbasis AI untuk Terapi Peri-implantitis,” ujar Dani.

Untuk meraih prestasi akademik, Dani biasanya mengikuti lomba-lomba kepenulisan keilmiahan karena ia memiliki minat bidang kepenulisan keilmiahan. Sedangkan untuk prestasi non-akademik, ia mengikuti organisasi dan beberapa kepanitiaan karena ia lebih suka mengisi waktu luang dengan kegiatan dalam organisasi maupun kepanitiaan tersebut.

“Untuk mengimbangi keduanya, saya berusaha untuk memanajemen waktu saya dengan baik dan tidak lupa memberi waktu istirahat yang cukup agar tidak jatuh sakit,” tambah Dani.

Dani mengaku bahwa kegiatan mawapres ini pertama kali ia ikuti sehingga menjadi momen tak terduga baginya. Ia tidak menyangka bisa meraih juara 1. “Alhamdulillah saya bisa meraih juara 1 Mawapres di angkatan 2022. Ini adalah momen yang sangat tak terduga bagi saya,” ujar Dani.

Saat ini, Dani menjadi salah satu staff BEM FKG Unair Departemen Pendidikan dan Profesi. Ia berharap teman-teman, khususnya angkatan 2022, bisa ikut termotivasi untuk bisa berprestasi bersama di FKG Unair lebih banyak lagi. “Saya juga akan terus mengembangkan skill dan mencari berbagai prestasi untuk mengasah pengalaman baru,” sebut Dani.

Dengan prestasi yang diraih oleh Dani, FKG Unair kembali membuktikan bahwa mahasiswanya memiliki potensi yang besar untuk berprestasi di berbagai bidang. Semoga prestasi Dani dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa FKG Unair lainnya untuk terus berkarya dan berprestasi. STF

source
https://unair.ac.id/