Surabaya, FKG UNAIR – Sudah tahukah kamu tipe kepribadianmu seperti apa? Ekstrovert atau introvert? Judging atau Perceiving? Beberapa kata tersebut pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Itu merupakan tes kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) yang tersusun dari empat kombinasi huruf. Yuk simak beberapa dimensi kepribadian dari MBTI ini lebih lanjut!

  1. Sumber Energi
    Apakah kamu orang yang outgoing, nyaman dalam lingkungan yang ramai, dan mengutarakan ide banyak pada orang sekitar? Jika iya, berarti kamu termasuk dalam kategori ekstrovert (E). Biasanya kategori ini sering dibilang suka menjadi pusat perhatian orang sekitar serta mendapatkan energi yang maksimal dalam lingkungan sosialnya.
    Berbeda halnya dengan introvert (I), kategori ini lebih suka berpikir dan berdiskusi dengan dirinya sendiri serta nyaman dalam lingkungan yang cenderung sepi. Energi seseorang dengan kepribadian introvert terkadang akan terkuras banyak apabila berada dalam lingkungan sosia terlalu lama, istilahnya gampang capek kalau rame-rame!
  2. Sumber Informasi
    Seseorang yang menggunakan intuisi untuk melihat gambaran besar bisa dikategorikan sebagai intuition (N), sedangkan seseorang yang menggunakan panca indera secara runtut dan detail dalam mendapatkan sumber informasi bisa dikategorikan sebagai sensing (S).
    Kepribadian intuition cenderung untuk menggeneralisasi sesuatu dengan menggunakan analogi serta suka terhadap suatu inovasi, inspirasi, dan ide baru.
    Kontras dengan kepribadian sensing, kategori ini lebih suka untuk menjadi realistis, spesifik, serta menyukai suatu ide yang berdasarkan realisme dan masuk akal.
  3. Pengambilan Keputusan
    Bayangkan kamu berada dalam kelompok diskusi dan kamu sebagai ketua akan menentukan tujuan yang ingin dicapai bersama setelah mengutarakan beberapa pendapat dengan anggotamu. Jika kamu orang yang rasional, mempertimbangkan hal-hal yang berdasarkan fakta, dan mungkin bisa dikatakan no offense, kamu termasuk kategori thinking (T). Sedangkan jika kamu orang yang emosional dalam mengambil keputusan, mempertimbangkan perasaan anggota lain, berempati, maka kamu termasuk kategori feeling (F).
  4. Eksekusi Tindakan
    Seperti di awal tadi, saat menghadapi orang-orang di lingkungan sekitarmu, bagaimana caramu menanggapinya? Seseorang dengan kepribadian menghakimi, atau judging (J), memiliki prinsip bahwa waktu adalah sesuatu yang serius sehingga senang mengatur jadwalnya secara rinci, terencana, dan terjadwal. Atau, mungkin kamu tipe yang fleksibel, spontan, dan deadliner dalam mengerjakan tugas? Sudah seharusnya kamu termasuk dalam kepribadian perceiving (P), nih! Kategori ini lebih suka memberikan opsi yang terbuka dan tidak mudah panik apabila ada perubahan situasi.

Dengan mengetahui MBTI, kita dapat memahami diri kita lebih dalam serta dapat menentukan tujuan, kesukaan, dan rencana aktivitas yang akan kita lakukan sesuai dengan kepribadian kita. Setelah membaca bulletin STRIVIA ini, kamu termasuk dalam MBTI apa,
nih? (HMR/VPW)

source
https://unair.ac.id/