Surabaya, fkg.unair –  SDGs Center Universitas Airlangga menyelenggarakan kegiatan UNAIR SDGs Festival 2023 yang berlangsung di Lobby Utama Gedung Rektorat Universitas Airlangga mulai dari tanggal 20-22 November 2023. Kegiatan tersebut diramaikan dengan tenant-tenant dari berbagai fakultas yang ada dan beberapa pihak yang bekerjasama dengan SDGs Center Unair. Salah satunya yang tidak ketinggalan adalah tenant dari Fakultas Kedokteran Gigi Unair yang meramaikan acara ini dalam rangka menunjukkan komitmen FKG Unair yang juga berpartisipasi dalam mencapai tujuan SDGs. Tenant FKG Unair menampilkan booth inovasi yang mengangkat tema “Good health, quality education dan partnertship for excellent future.” 

Dengan menampilakan beberapa best practice kegiatan dan agenda rutin FKG Unair selama tahun 2023 yang juga sesuai dengan poin SDGs. Beberapa hal yang ditampilakan pada booth FKG Unair antara lain kegiatan pengabdian masyarakat yang selama ini dilaksanakan oleh para civitas akademika FKG Unair seperti kegiatan operasi bibir sumbing dan celah lelangit dari Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial, kegiatan dengan komunitas HIV dari Departemen Ilmu Penyakit Mulut, serta kegiatan Dentistry dan kegiatan bersama Komunitas Arek Tuli (Kartu) dari mahasiswa BEM FKG Unair. Booth FKG Unair pada SDGs Festival juga diramikan dengan media-media penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, poster menarik tentang penyuluhan kesehatan gigi yang pasti juga ada pula poster SDGs, dan tak ketinggalan maskot dari Fakultas Kedokteran Gigi yakni boneka gigi yang menemani pengunjung melihat kumpulan kolase kegiatan yang telah dilaksanakan oleh FKG Unair. 

“Harapannya keberlanjutan program FKG yang berkaitan dengan SDGs, khususnya pada SDGs poin 3 tentang Good health dan wellbeing, poin 4 tentang Quality education dan poin 17 tentang partnership for the goals. FKG Unair juga berkomitmen memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat secara luas dalam bidang kesehatan dan pendidikan yang berkualitas,” kutip harapan dan komitmen dari pihak SDGs FKG Unair yang disampaikan oleh Reza Al Fessi, drg., M.Ked.Klin., Sp.B.M.M., Subs.C.O.M. (K). 

Dalam kesempatan yang sama untuk memeriahkan booth FKG Unair dalam SDGs Festival, salah satu mahasiswa FKG Unair angkatan 2022 bernama Naya yang ikut serta dalam menyambut pengunjung yang datang ke booth FKG Unair juga terlihat antusias menyampaikan berbagai informasi yang ada seperti kebiasaan dan cara merawat gigi dan mulut, juga bentuk nyata FKG Unair dalam mendukung SDGs khususnya poin ke 3, 4, dan 17. 

“Senang bisa merasakan kesempatan melihat berbagai booth di SDGs Festival ini dan berinteraksi dengan pengunjung yang ingin tahu tentang FKG Unair. Semoga dengan adanya booth FKG ini semakin memberikan informasi yang bermanfaat terkait dengan kesehatan gigi dan mulut yang tak kalah dari booth lainnya,” tambahan, Naya. 

Banyak sekali rangkaian menarik yang tersaji di SDGs Festival 2023 tidak hanya tentang kesehatan, namun juga banyak hal menarik tentang edukasi, sosial, dan lingkungan yang menjadi bagian dalam acara satu ini. Tak ketinggalan juga ada seminar internasional dan talkshow yang membahas Transformative Policy Innovation for a Health and Sustainable Environment yang sangat bermanfaat untuk lebih sadar tentang pembangunan berkelanjutan dimana FKG Unair sendiri telah berkomitmen mencapai tujuan-tujuan yang berkaitan langsung dengan peran FKG Unair dalam menciptakan keberlangsungan hidup yang lebih baik di masa mendatang. (rrr) 

source
https://unair.ac.id/